Wednesday, March 14, 2012

La Tahzan 156-5: Perhatikan Lahir dan Batin, اعتنِ بالظاهرِ والباطنِ

Penjagaan Zahir yang ketiga:
ومنها لُبسُ البياضِ 
Terj: " Seterusnya (untuk kelihatan anggun), disyorkan banyak memakai pakaian yang berwarna putih.
al-Qarni mengeluarkan sebuah hadis:
الْبَسُوا الْبَيَاضَ ، وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ
 "Pakailah pakaian putih dan kafanilah si mati dari kalangan kamu dengannya."
takhrij/tahqiq:
البسوا البياض وكفنوا فيها موتاكم (الطبرانى عن عمران بن حصين)
أخرجه الطبرانى (18/225 ، رقم 560) . قال الهيثمى (5/128) : فيه من لم أعرفه

terj: ia dikeluarkan oleh at-Tabrani, no 560. komentar al-Haithami dalam al-Majma' (no. 8552), komentar beliau, ada perawi yang tidak dikenali.
Penilaian Islam.web (الكتاب: المعجم الكبير للطبراني [الحكم: إسناده ضعيف ويحسن إذا توبع ) dha`if.
Matan yang sahih adalah dalam sunan Termidzi:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ أَبِي شَبِيبٍ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَسُوا الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ; قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَابْنِ عُمَرَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Habib bin Abu Tsabit dari Maimun bin Abu Syabib dari Samurah bin Jundub ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kenakanlah pakaian warna putih, karena itu lebih suci dan lebih baik, dan gunakanlah kain putih untuk mengkafani mayit kalian." Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih, dan dalam bab ini, ada juga hadits dari Ibnu Abbas dan Ibnu Umar. (HR Termizi, no 2734, hasan sahih. Lidwa)
وقد عقد البخاريُّ باب : لبسِ البياضِ 
Terj: Sehinggakan Imam al-Bukhari membuat satu bab dalam sahihnya: "Memakai Pakaian
 Putih" dan sebuah hadis:
إنَّ الملائكة تنزلُ بثيابٍ بيضٍ عليهمْ عمائمُ بِيضٌ
terj:" Sesungguhnya Malaikat turun dengan memakai pakaian putih dan serban putih"

Nota: Tidak ada hadis demikian dalam Bab Pakaian Putih dalam sahih Bukhari. Lafaz yang betul ialah:
حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَعْدٍ قَالَ رَأَيْتُ بِشِمَالِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَمِينِهِ رَجُلَيْنِ عَلَيْهِمَا ثِيَابٌ بِيضٌ يَوْمَ أُحُدٍ مَا رَأَيْتُهُمَا قَبْلُ وَلَا بَعْدُ

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hanzhali telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Bisyr telah menceritakan kepada kami Mis'ar dari Sa'd bin Ibrahim dari Ayahnya dari Sa'd dia berkata; saya melihat di samping kanan dan kiri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dua orang laki-laki tengah mengenakan pakaian serba putih pada waktu perang Uhud, aku tidak pernah melihat sebelum dan sesudahnya." (HR Bukhari, no 5378.Lidwa)

No comments: