Monday, December 19, 2011

UFB dan Asabiyah siri 2

[Kolum Fathul Bari, Mingguan Malaysia, 18/12]
Hadith #2: Nasab Nabi saw

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ الرَّازِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَهْمٍ جَمِيعًا عَنْ الْوَلِيدِ قَالَ ابْنُ مِهْرَانَ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ أَبِي عَمَّارٍ شَدَّادٍ أَنَّهُ سَمِعَ وَاثِلَةَ بْنَ الْأَسْقَعِ يَقُولُا
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَعِيلَ وَاصْطَفَى قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَ وَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِي هَاشِمٍ وَاصْطَفَانِي مِنْ بَنِي هَاشِمٍ

terj:
(HR Muslim, no.4221, lidwa) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mihran Ar Raazi dan Muhammad bin Abdurrahman bin Saham seluruhnya dari Al Walid. Ibnu Mihran berkata; Telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim Telah menceritakan kepada kami Al Auza'i dari Abu Ammar Saddad bahwa dia mendengar Watsilah bin Asqa' berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah telah memilih Kinanah dari anak Ismail, memilih Quraisy dari Kinanah, memilih Bani Hasyim dari Quraisy, dan memilihku dari Bani Hasyim."
Fiqh Hadith: Ulama' Tarikh atau sejarah meletakkan hadith ni di bawah tajuk Nasab RasuluLlah saw. menjadi tradisi bangsa arab menjaga dan menghafaz nasab keturunan mereka. Tujuan Nabi menyebut nasabnya ialah bukan ada unsur asobiyah, tapi menyatakan seluruh bani Quraish ada pertalian kerabat dgn baginda dan mengharapkan mereka mendokong perjuangan baginda mana-mana kabilah yang bertemu dengan Kinanah adalah kerabat baginda.

Hadith #3: Menyintai ahlil bayt

حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي زِيَادٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بْنِ رَبِيعَةَ قَالَ
دَخَلَ الْعَبَّاسُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا لَنَخْرُجُ فَنَرَى قُرَيْشًا تَحَدَّثُ فَإِذَا رَأَوْنَا سَكَتُوا فَغَضِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَدَرَّ عِرْقٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ثُمَّ قَالَ وَاللَّهِ لَا يَدْخُلُ قَلْبَ امْرِئٍ إِيمَانٌ حَتَّى يُحِبَّكُمْ لِلَّهِ وَلِقَرَابَتِي
terj:
(HR Ahmad, no1681, juga Termidzi dan an-Nasa'iy,lidwa) : Telah menceritakan kepada kami Jarir bin Abdul Hamid, Abu Abdullah dari Yazid bin Abu Ziyad dari Abdullah bin Al Harits dari Abdul Muththalib bin Rabi'ah berkata; Al Abbas menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; "Kami keluar kemudian kami melihat orang-orang Quraisy sedang berbincang-bincang, tatkala mereka melihat kami mereka terdiam." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam marah dan keringatnya keluar antara kedua matanya kemudian bersabda: "Demi Allah, iman tidak akan masuk ke dalam hati seseorang sehingga dia mencintai kalian karena Allah dan karena hubungan kekerabatan kalian denganku." (tahqiq: sahih menurut syaikh ahmad syakir, dha`if di sisi al-Bazzar dan al-Zahabi, kerana keujudan perawi dha`if, Yazid bin Abi Ziyaad)
Fiqh hadith: jika ia hadith sahih atau hasan, ia mengenai sikap ASWJ terhadap ahlil bayt, mengasihi dan menjaga mereka. Ia bukan ada ciri-ciri asobiyah kerana ia mengenai aduan al-Abbas mengenai sikap sebahgian Quraish yang ingin mengasingkan bani Hasyim. TBC

2 comments:

yat said...

saya suka yg ilmiah beghini, radd pun ilmiah, bukan caci maki seperti sesetngah blog politik...

mengenai UFB, ni maybe strategi dia, akan ada la keluar artikel2 panas bab2 'bidaah' tradisional masyrakat malayzi...orang cakap mukaddimah

yat said...

dalam disclaimer artikel, ditulis dah Rasulullah bukan rasis....dan menernagkan maksud asobiyah sebetulnya..contoh nyta, memperthan kan menteri lembu yg ternag2 nampak slah, koh koh