Sunday, December 25, 2011

La Tahdzan 144-4/akhir: Jangan Marah, لا تغضبْ

Lima Tips Nabawi Merawat Marah

أنْ يسكت فلا يتكلمُ إذا غضِب  Tips #4: Jika sedang marah, Hendaklah diam saja dan jangan bercakap

وإذا غضبت فاسكت   
الراوي:عبدالله بن عباس المحدث:أحمد شاكر - المصدر:مسند أحمد- الصفحة أو الرقم:5/150
خلاصة حكم المحدث: إسناده صحيح
  الراوي:عبدالله بن عباس المحدث:الألباني - المصدر:صحيح الأدب المفرد- الصفحة أو الرقم:991
خلاصة حكم المحدث: صحيح لغيره  
al-Hadith: "apabila kamu marah, maka diamlah" (HR Ahmad,5:150, kata Ahmad Syakir, isnadnya sahih. Kata al-Albani, sahih adab al-Mufrad, sahih lighairihi.
Mutaqaddimun kata dha`if kerana perawi Laits bin Abu Sulaim (Ibn Rajab, Jami' al-Uloom)

Tips #5: Ingatkan ganjaran Allah jika mampu menahan amarah
أن يتذكر ثواب الكاظمين لغيظِهم ، والعافين عن الناسِ المسامحين  
terj: Bayangkan akan ganjaran pahala yang menanti mereka yang mampu menahan amarahnya dan ke atas orang yang suka memaafkan kesalahan manusia.
Dalil:
حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدُّورِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي أَيُّوبَ حَدَّثَنِي أَبُو مَرْحُومٍ عَبْدُ الرَّحِيمِ بْنُ مَيْمُونٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ يَسْتَطِيعُ أَنْ يُنَفِّذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ فِي أَيِّ الْحُورِ شَاءَ
قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
(HR Termidhi, no. 1944, lidwa) : Telah menceritakan Abbas bin Muhammad Ad Duri dan lebih dari satu orang perawi berkata, Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid Al Muqri Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu Ayyub Telah menceritakan kepadaku Abu Marhum Abdurrahim bin Maimun dari Sahl bin Mu'adz bin Anas Al Juhani dari bapaknya dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Barangsiapa yang menahan amarahnya, sedangkan ia mampu untuk menumpahkannya, maka Allah akan memanggilnya kelak pada hari kiamat di atas kepada seluruh makhluk, sehingga Allah memberikannya pilihan yang ia inginkan." Ini adalah hadits hasan gharib.)
 Tahqiq: dha`if di sisi Imam Abi `Isa. al-Albani kata hasan.

No comments: