[Ramai juga suara2 geng sunnah yg kata syabas, artikel UFB yg padat dan tepat, saksikan radd ni hingga habis. Kekadang sifat taksub kpd tokoh mmg akan membutakan hati manusia]
Hadith #6: Jika Othman pun dituduh asobiah, maka apatah lagi amnu!
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ
أَنَّ خُطَبَاءَ قَامَتْ بِالشَّامِ وَفِيهِمْ رِجَالٌ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ آخِرُهُمْ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ مُرَّةُ بْنُ كَعْبٍ فَقَالَ لَوْلَا حَدِيثٌ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا قُمْتُ وَذَكَرَ الْفِتَنَ فَقَرَّبَهَا فَمَرَّ رَجُلٌ مُقَنَّعٌ فِي ثَوْبٍ فَقَالَ هَذَا يَوْمَئِذٍ عَلَى الْهُدَى فَقُمْتُ إِلَيْهِ فَإِذَا هُوَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ قَالَ فَأَقْبَلْتُ عَلَيْهِ بِوَجْهِهِ فَقُلْتُ هَذَا قَالَ نَعَمْ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَوَالَةَ وَكَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ
(HR at-Termidzi, no.3637, lidwa) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Abdul Wahab Ats Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Qilabah dari Abu Al Asy'ats Ash Shan'ani bahwa para khatib berdiri dan melakukan orasi di daerah Syam, dan di antara mereka ada beberapa orang laki-laki dari kalangan sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, maka seorang laki-laki terakhir di antara mereka yang bernama Murrah bin Ka'ab berdiri dan berkata; "Kalau bukan karena hadits yang aku dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka aku tidak akan berdiri di sini. Lalu beliau menyebutkan beberapa fitnah yang telah dekat masa terjadinya, kemudian berlalulah seorang laki-laki yang bertutupkan kain, ia berkata; "Orang inilah yang (saat itu) berada dalam kebenaran." Maka aku bergegas menuju kepadanya, ternyata dia adalah Utsman bin 'Affan." Murrah berkata; "lalu aku menatap wajahnya dan berkata; "Apakah orang ini?" beliau menjawab: "Ya." Abu Isa berkata; "Hadits ini adalah hadits hasan shahih, dan dalam bab ini, ada juga riwayat dari Ibnu Umar, Abdullah bin Hawalah dan Ka'ab bin 'Ujrah."
Status hadith: hasan sahih dari penilaian Abu `Isa sendiri.
Fiqh hadith: apakah fitnah yang menimpa Khalifah Uthman al-Affan ra sama dengan fitnah yg menimpa amnu? Jawapannya tidak, sebab Uthman adalah khalifah rasyad atau khalifah yang dipandu oleh kewalian (divinity) dan keilmuan.
1. Fitnah Uthmani ialah kerja2 musuh dalam selimut yang dilakukan oleh Abdullah bin Saba', terutama dia mencetuskan firnah di wilayah2 Islam yang baru, spt Egypt. Orang Islam yg baru mmg tidak kenal siapakah Uthman al-Affan, oleh sebab itu mereka berani kurang ajar dengan beliau dan melemparkan pelbagai tuduhan.
2. Semua fitnah2 tsb berjaya dijawab, tapi bila Uthman selesai menjawab 10, maka akan muncul pulak 20 tuduhan yg baru.
3. Sikap Uthman yg berbeda dgn Abu Bakar dan Umar, yakni beliau menonjolkan imej lembut dan toleran, maka ketika itulah musuh2 mengambil kesempatan.
Jika diQIASkan pentadbiran Uthman al-Affan vs pentadbiran amnu, maka ia suatu Qias politik yng tidak kena, dinamakan qias fasid (qias yg salah). Kesalahan fatal ialah keadilan pemerintahan Uthman adalah tidak ada tolok bandingnya dengan mana-mana pemimpin amnu, apatah lagi beliau mengamalkan ashobiyaah. Tuduhan2 yang dilemparkan ke atas beliau semuanya fitnah dan semuanya dapat dijawab oleh Uthman. Cuma musuh2 Islam telah mengambil kesempatan dengan dasar lembut beliau sahaja yang menyebabkan beliau terbunuh. sekian, TBC
No comments:
Post a Comment